Sering Gagal Ujian TOEFL tahun 2018, Coba Lakukan 9 Kunci Sukses Berikut ini

Sering Gagal Ujian TOEFL tahun 2018, Coba Lakukan 9 Kunci Sukses Berikut ini
Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) tahun 2018 merupakan tes bahasa Inggris berlogat Amerika yang diperlukan untuk masuk universitas di Amerika Serikat dan negara lainnya. Tes ini terdiri dari dua jenis yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Keduanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing, tergantung kemampuan anda dalam menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

Lalu apa saja persiapan yang harus dimiliki seseorang yang ingin memiliki score TOEFL yang tinggi, berikut ini ulasannya yang kami ambil dari berbagai sumber.

1. Siapkan modul dengan materi super lengkap
Ada banyak sumber materi TOEFL yang bisa anda pelajari, seperti buku paket, buku elektronik (ebook), aplikasi android dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan membeli buku materi TOEFL kemudian mempelajarinya maka anda akan menemukan kosa kata dan rumus-rumus dalam menjawab pertanyaan di tes TOEFL.

Jangan pelit-pelit dalam memili buku materi TOEFL, sebaiknya pilih yang materinya lengkap (meskipun harganya sedikit mahal).

Pastikan dalam teksbook terdapat materi seperti: speaking, writing, listening, dan reading sehingga anda bisa berlatih sendiri dirumah tanpa bantuan orang lain.


Baca juga:
Contoh Soal Toefl Agar Menang Seleksi Beasiswa ke Luar Negeri
Jadwal dan Tempat Tes Toefl di Indonesia
Cara Menjawab Tes Toefl Structure

2. Ikuti petunjuk mengerjakan soal
Dibagian listening test anda akan mendengarkan percakapan dua atau lebih di dalam sebuah media (CD). Tugas anda adalah mendengarkan dengan fokus dan penuh konsentrasi, jangan ada satu kata pun yang terlewatkan karena nanti maknanya jadi berbeda.

Sedangkan dibagian writing test anda harus jeli dalam mengisi lembar jawaban, perhatikan jumlah kata yang harus anda isi, jangan lebih apalagi kurang. Jika dalam pengerjaan soal anda tidak memenuhi syarat minumum kata maka nilai anda akan dikurangi.

3.Catat dan evaluasi hasil kerja
Saat mengerjakan contoh soal yang ada dalam teksbook sebaiknya anda lakukan pencatatan score dan anda evaluasi. Dengan begitu anda dengan muda dapat mengetahui titik kelemahan yang anda miliki sehingga mudah untuk memperbaikinya dikemudian hari.

4. Terus berlatih
Ada pepatah kuno mengatakan ala bisa karna biasa, lancar kaji karna di ulang. Artinya semakin sering anda mempelajari dan mengulang-ulang materi pelajaran TOEFL ini maka semuanya akan terasa mudah. Anda akan terbiasa dengan bentuk soal yang ada, anda pun terbiasa dengan waktu terbatas saat mengerjakan soal, sehinnga anda akan merasa seperti tidak sedang tes TOEFL akibat kebiasaan sering mengerjakan soal tes TOEFL di rumah.

5. Gunakan strategi mengerjakan soal
Ada banyak soal yang akan anda jumpai saat tes berlangsung, kerjakan soal yang menurut anda paling mudah untuk dijawab, jangan berpatokan pada satu soal yang menurut anda sulit untuk dijawab (tidak pasti jawabannya) hal ini nanti dapat membuang waktu produktif anda mengerjakan soal yang lain.

Di bagian listening, fokuslah dengan apa yang ditanyakan oleh pembicara dan catat poin-poin penting di kertas buram yang sudah anda siapkan dari rumah. Dibagian tes yang umumnya panjang, langsunglah mata anda tertuju kepada pertanyaan dan pilihan jawaban kemudian baca tes nya sampai habis, cara ini merupakan cara efektif dan efisien dalam mengerjakan soal berbentuk tes (paragraf)

6. Latihan menulis
Membaca dan menulis merupakan dua tes yang saling berdekatan dan tidak akan terpisahkan, sebaiknya latihan menulis kata dalam bahasa Inggris harus anda biasa-biasakan agar tidak ada kesalahan huruf dalam menulis kata-kata bahasa Inggris. Karena lain dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris lain diucapkan lain pula penulisannya. Jadi anda harus sering-sering menulis ya!

7. Berdua lebih baik
Saat anda belajar sendiri ada saatnya anda akan merasa bosan, sebaiknya anda bisa mengajak teman atau mungkin memanggil guru privat bahasa Inggris dalam mengerjakan soal-soal latihan TOEFL. Ada kelebihan dari belajar dengan teman, seperti ada teman saling koreksi satu sama lain, ada teman bicara jadi tidak bosan dan masih banyak lagi keuntungannya. Jadi lebih baik berdua daripada sendiri bukan?

8. Merekam hasil belajar
Kalau seandainya anda hanya bisa belajar sendiri sebaiknya anda merekam hasil belajar yang sudah anda lakukan, rekamlah suara anda apakah ada kesalahan atau kesilapan dalam pengucapan kata yang anda lakukan, sebaiknya putar hasil rekaman sesering mungkin agar hasil belajar bisa di evaluasi dan diperbaiki secepatnya.

9. Jangan lupa istirahat dan makan makanan bergizi
Kurang baik kalai anda belajar dan berlatih namun kurang istirahat dan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi anda saat bekerja dan belajar sedangkan makanan yang bergizi dapat meningkatkan daya serap dan ingatan saat anda memasukkan ilmu ke dalam memori (otak) anda. Jadi jangan paksakan anda belajar sampai larut malam tanpa kenal istirahat ya.

1 komentar:

  1. waduhhh.....sangat membantu sekali artikel ini semoga apa yang telah disampaikan diatas akan membawa manfaat yang sangat signifikan bagi saya pribadi nantinya

    BalasHapus